Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Perbaikan Defisit Transaksi Berjalan Perlu Waktu Lama

Jakarta, 29/07/2013 MoF (Fiscal) News – Terjadinya defisit transaksi berjalan karena ada masalah fundamental yaitu sektor jasa dan keuangan yang memang selalu defisit. Demikian disampaikan Pelaksana Tugas Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Bambang P.S. Brodjonegoro di Jakarta, Jumat (26/7).

Menurutnya, untuk memperbaiki sektor ini, maka tidak bisa diselesaikan secara jangka pendek, sehingga untuk memperbaiki defisit transaksi berjalan yang paling memungkinkan dari sisi ekspor. Kendati demikian, dengan harga komoditas yang masih sangat rendah saat ini, sehingga sangat sulit untuk meningkatkan ekspor.

“Ekspor kita tergantung pada komoditi yang harganya memang jatuh, memang ekspor bisa memperbaiki tapi belum langsung membuat current account langsung tidak defisit dan memperbaiki trade balance,” jelasnya.

Namun, perbaikan di neraca transaksi berjalan ini, sambung dia, butuh waktu untuk memperbaikinya baik di sisi ekspor serta pengurangan di sisi impor, utamanya di sektor minyak dan gas (migas). Meskipun pemerintah sudah memberikan kebijakan insentif maka dampaknya baru terasa di 2-3 tahun mendatang. (ans)