Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Perbaikan Ekonomi Global Masih Berkelanjutan

 

Jakarta, 15/10/2010 MoF (Fiscal) News - Pemerintah melihat pemulihan ekonomi global tidak dapat terjadi dalam waktu dekat, karena upaya perbaikan ekonomi Amerika Serikat (AS) dan Eropa masih berlanjut. Demikian disampaikan Menteri Keuangan Agus Martowardojo, Jumat (15/10) di Kantor Pusat Kementerian Keuangan, Jakarta.

Kekhawatiran berimbasnya krisis keuangan Eropa dan krisis utang
yang dialami Jepang tidak dirasakan pemerintah Indonesia. Hal ini dikarenakan kondisi perekonomian global masih dalam kondisi perbaikan yang terus berkelanjutan, sehingga pemerintah melihat hal ini tidak berdampak langsung bagi perekonomian Indonesia. Kelihatannya kondisi pemulihan global itu masih tidak dalam waktu dekat. Jadi, upaya-upaya untuk memperbaiki ekonomi di AS, Eropa masih akan berkelanjutan,” ungkapnya.

Menkeu menjelaskan,
untuk menghadapi hal tersebut, pemerintah masih melihat tingkat suku bunga yang belum tentu meningkat pada negara-negara maju tersebut, apalagi dalam waktu dekat ini. “Kita lihat implikasinya sekarang ini bisa dilihat dari negara-negara berkembang di mana ada kecenderungan dana masuk yang cukup besar, akan ada penguatan mata uangnya,” pungkasnya.(DM)