Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Percepat Belanja Modal, TEPRA Gelar Diskusi dengan Pemda

Surabaya, 19/05/2016 Kemenkeu - Tim Evaluasi dan Pengawasan Realisasi Anggaran (TEPRA) menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Sumatera Barat, dan Nusa Tenggara Barat pada Rabu (18/5) di Surabaya. FGD kali ini mengangkat tema ‘Percepatan Belanja Memperkuat Perekonomian Rakyat’.  

Acara ini di moderatori oleh Ketua TEPRA sekaligus Wakil Menteri Keuangan, Mardiasmo. Dalam paparannya, ia mengungkapkan bahwa realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) akan mendorong kemajuan pembangunan, khususnya perekonomian daerah. Oleh karena itu, ia berharap agar pemerintah daerah dapat melakukan percepatan realisasi anggaran secara berkualitas, sehingga dapat mendorong perekonomian masyarakat.  

Melalui acara ini, pemerintah berharap dapat meningkatkan produktivitas belanja modal, sehingga akan memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi daerah. “Sehingga proporsi belanja modal dipakai secara tepat sesuai kebutuhan daerah,” terangnya. Selain itu, pemerintah daerah juga diharapkan dapat memiliki tools terkait perencanaan dan penyerapan anggaran, sehingga belanja daerah dapat lebih optimal.  

Sebagai informasi, FGD ini akan di selenggarakan selama dua hari, yaitu pada 18-19 Mei 2016. Agenda hari pertama adalah sharing session dengan para gubernur, sementara hari kedua dengan para bupati/walikota.(anh)