Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Perekonomian Indonesia Berhasil Melalui Ketidakpastian Global 2015

Jakarta, 04/01/2016 Kemenkeu - Tahun 2015 menjadi tahun yang penuh momentum bagi perekonomian Indonesia. Di tengah perlambatan perekonomian global yang masih berlanjut, melalui reformasi struktural yang dicanangkan pemerintah, perekonomian Indonesia relatif berhasil melewati ketidakpastian global.
Sepanjang tahun 2015, pemerintah telah melakukan beberapa terobosan penting, antara lain melalui reformasi struktur anggaran serta peluncuran paket kebijakan ekonomi. Reformasi struktur anggaran dilakukan antara lain melalui optimalisasi penerimaan, belanja yang lebih produktif dan berkualitas serta pembiayaan yang berkesinambungan. 
“Reformasi fiskal ini untuk memberikan ruang fiskal yang lebih besar untuk belanja produktif, antara lain untuk membangun infrastruktur dan meningkatkan program kesejahteraan sosial,” demikian ungkap Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan N.E. Fatimah dalam keterangan resminya pada Minggu (3/1).
Sementara itu, tujuh paket kebijakan ekonomi pemerintah yang diluncurkan dalam kurun waktu September hingga Desember 2015 dimaksudkan untuk mendorong kinerja ekonomi Indonesia. Secara umum, paket-paket kebijakan ekonomi tersebut memiliki dua tujuan utama, yaitu untuk mempertahankan daya beli masyarakat dan meningkatkan investasi.(nv)