Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Perekonomian Indonesia, Dari Konsumsi Menjadi Investasi dan Ekspor

Malang, 28/12/2016 Kemenkeu - Saat memberikan kuliah umum di Universitas Muhammadiyah Malang pada Rabu (28/12), Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyebut bahwa strategi perekonomian Indonesia akan diubah. Jika sebelumnya, ketergantungan akan konsumsi cukup tinggi, maka peningkatan investasi dan ekspor akan dijadikan tumpuan pertumbuhan.


“RRT (Tiongkok) 30 tahun sukses dalam menumbuhkan ekonominya, itu karena didorong investasi dan ekspor. Kalau RRT sekarang mengubah strategi ekonominya menjadi dominan consumption, Indonesia adalah kebalikannya. Kita ingin mengubah dari konsumsi menjadi lebih banyak investasi dan ekspor,” tegas Menkeu.


Oleh karena itu, ke depannya, daya kompetisi dan investasi di bidang infrastuktur dan Sumber Daya Manusia harus ditingkatkan. Ini mengingat hal tersebut juga akan berpengaruh pada tingkat daya saing Indonesia. “Kita ingin ubah dari konsumsi menjadi berorientasi pada investasi dan ekspor, dan itu artinya daya kompetisi dan investasi di bidang infrastruktur dan Sumber Daya Manusia menjadi akan sangat penting karena itu akan tentukan tingkat competitiveness Indonesia,” ungkap Menkeu. (as)