Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Perekonomian RI Membaik pada 2014, Nilai Tukar Rupiah Diharapkan Terdongkrak



Jakarta, 10/01/2014 MoF (Fiscal) News - Laju pertumbuhan perekonomian Indonesia pada tahun 2014 diproyeksikan akan lebih baik. Demikian disampaikan Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo di Gedung BI, Jakarta pada Kamis (9/1).

Membaiknya kondisi perekonomian Indonesia tersebut, lanjutnya, sejalan dengan prospek perekonomian global yang semakin membaik. Pihaknya memproyeksikan, pertumbuhan ekonomi 2014 akan berada pada kisaran 5,8 persen hingga 6,2 persen. "Pada 2014, pertumbuhan ekonomi diperkirakan lebih baik, mendekati batas bawah kisaran 5,8 persen sampai 6,2 persen. Ini sejalan perbaikan ekonomi global di tengah berlanjutnya proses konsolidasi ekonomi domestik mengarah ke kondisi yang lebih seimbang," jelas Gubernur BI.

Perkembangan terkini menunjukkan membaiknya  kondisi ekonomi global dimotori oleh Amerika Serikat (AS) dan Jepang, serta indikasi pemulihan ekonomi di kawasan Eropa, China dan India. "Dan perbaikan ini diperkirakan dapat berlanjut pada tahun 2014 sehingga dapat menopang ekonomi Indonesia ke depan, baik dari jalur perdagangan maupun jalur finansial," tambahnya. Ia berharap, dengan akan membaiknya kondisi perekonomian akan membawa dampak positif terhadap nilai tukar rupiah.(ak)