Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Perekonomian RI Membaik Sesuai Ekspektasi Pemerintah

 

Jakarta, 20/05/2011 MoF (Fiscal) News - Pemulihan ekonomi global membawa pengaruh positif terhadap perkembangan perekonomian Indonesia 2010. Demikian dikatakan Menteri Keuangan Agus D.W. Martowardojo dalam rapat paripurna ke-27. Rapat yang berlangsung pada Jumat (20/05) ini beragendakan penyampaian Pengantar/Keterangan Pemerintah atas Kerangka Mikro dan Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal Tahun Anggaran 2012.

Perekonomian Indonesia semakin membaik sesuai ekspektasi pemerintah. Hal ini ditandai dengan terjaganya stabilitas ekonomi makro tahun 2010 yang tercermin dari pergerakan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS yang relatif lebih stabil dengan diikuti laju inflasi yang relatif terkendali. ”Lebih dari itu sesungguhnya telah terjadi momentum akselerasi pertumbuhan ekonomi dalam tahun 2010 lalu, di mana pertumbuhan ekonomi mencapai 6,1 persen atau meningkat jika dibandingkan dua tahun sebelumnya,” katanya.

Menkeu menjelaskan, pada negara maju (advanced economies), pertumbuhan ekonomi tahun 2010 lebih baik dari tahun sebelumnya. “Sedangkan untuk negara-negara berkembang, ekonomi pada tahun 2010 mampu berakselerasi pada level 7,3 persen  atau jauh lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan tahun 2009 yang sebesar 2,7 persen,” jelasnya.

Menkeu mengingatkan, fase pemulihan ekonomi global yang berlangsung sejak tahun 2009 yang masih berlanjut hingga tahun 2010 telah meningkatkan nuansa optimisme masyarakat dunia. Pemulihan ekonomi global tahun 2010 ditopang oleh perbaikan ekonomi yang terjadi hampir di seluruh kawasan. “Pemulihan ekonomi terjadi di hampir setiap belahan dunia, baik negara berkembang kawasan Asia, Amerika Latin maupun di negara-negara maju, seperti Amerika Serikat dan kawasan Eopa,” jelasnya.(ak)