Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Pergerakan Rupiah Cerminan Fundamental Ekonomi Indonesia Terkini

Jakarta, 29/07/2013 MoF (Fiscal) News – Pergerakan nilai tukar rupiah mencerminkan kondisi fundamental perekonomian Indonesia terkini. ”Dalam beberapa hari terakhir pergerakan rupiah mulai konvergen ke level keseimbangan baru yang mencerminkan kondisi fundamental perekonomian Indonesia," kata Gubernur Bank Indonesia Agus D.W. Martowardojo.  

Sehubungan dengan hal tersebut, Agus juga meminta agar masyarakat dan pelaku pasar tetap tenang seraya menekankan bahwa Bank Indonesia akan tetap melakukan pemantauan secara cermat, dan menjaga stabilitas nilai tukar rupiah sesuai kondisi fundamental perekonomian dengan mekanisme pasar yang berjalan dengan baik. Menurutnya, pasar valuta asing semakin bergairah dengan mekanisme pasar yang bekerja dengan lebih baik.

Berdasarkan catatan BI, pelemahan nilai tukar rupiah hari ini juga dipengaruhi oleh tingginya permintaan valas oleh nasabah korporasi/ritel, termasuk untuk repatriasi dividen dan hasil investasi. Dibandingkan dengan posisi awal tahun 2013 (year to date), nilai tukar rupiah mengalami depresiasi sebesar 5,71 persen yang masih searah dengan depresiasi mata uang negara-negara lain di kawasan. (ak)