Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Peringatan Hari Kepabeanan Internasional ke-64 Angkat Tema Digital

Jakarta, 26/01/2016 Kemenkeu - Hari ini, Selasa (26/1) komunitas Kepabeanan seluruh dunia memperingati Hari Pabean Internasional ke-64. Hari Kepabeanan Internasional ini sekaligus menandai diresmikannya Customs Co-operation Council yang merupakan cikal bakal dari Organisasi Kepabeanan Dunia atau yang lebih dikenal dengan World Customs Organization (WCO) 64 tahun silam.

Untuk memperingati Hari Pabean Internasional tahun 2016 ini, WCO mengangkat tema ‘Digital Customs: Progressive Engagement’. Menurut Menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro, dengan tema tersebut, tahun 2016 ini dapat menjadi momentum bagi administrasi pabean di seluruh dunia untuk secara aktif melakukan pengelolaan institusi yang berbasis teknologi dan informasi.

“Pencanangan tema tersebut merupakan preseden yang baik bagi komunitas pabean internasional untuk lebih melibatkan unsur teknologi dan informasi dalam pengelolaan administrasi pabean guna menjalankan fungsinya masing-masing,” jelasnya saat memimpin upacara peringatan Hari Pabean Internasional ke-64 di Kantor Pusat Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC), Jakarta, Selasa (26/1).

Dengan menitikberatkan pada penggunaan teknologi dan informasi, lanjutnya, administrasi pabean diharapkan dapat memberikan pelayanan kepabeanan yang baik kepada pengguna jasa, pengurangan duplikasi persyaratan dan prosedur, penghematan skala ekonomi, penggunaan manajemen risiko yang tepat sasaran, waktu pelayanan yang lebih efektif, pertukaran data dan informasi yang luas, dan konektivitas yang kuat bagi semua pemangku kepentingan.

Sebagai informasi, WCO merupakan organisasi antarpemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi administrasi pabean di seluruh dunia dalam rangka merespons perubahan dan tuntutan global. Indonesia yang melalui oleh DJBC sendiri telah tergabung sebagai anggota WCO sejak tanggal 30 April 1957.(nv)