Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Peringati Hari Anti Korupsi Dunia, Menkeu Resmikan Unit Pengendalian Gratifikasi DJBC

Jakarta, 17/12/2015 MoF – Menteri Keuangan Bambang P.S. Brojonegoro meresmikan Unit Pengendalian Gratifikasi (UPG) Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Kemenkeu. Peresmian dilakukan pada apel khusus peringatan Hari Anti Korupsi (HAK) Tahun 2015 yang dilaksanakan di Kantor Pusat DJBC Jakarta, Kamis (17/12).


Peresmian UPG ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Anti Korupsi Dunia tahun 2015 dan sebagai bentuk dukungan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dalam upaya penghentian praktek-praktek Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN). Sebagai informasi, sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 83/PMK.01/2015 tentang Pengendalian Gratifikasi di Lingkungan Kementerian Keuangan, UPG berfungsi sebagai unit yang melakukan pengendalian gratifikasi, demi terwujudnya integritas pegawai di lingkungan Kemenkeu.


Dalam sambutannya, Menkeu mengapresiasi kinerja DJBC terkait hasil penilaian kinerja kementerian/lembaga tahun 2015 oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Seperti diketahui, hasil penilaian tersebut menempatkan Kemenkeu di peringkat pertama dengan nilai 83.59 dan predikat A atau memuaskan.


“Di balik prestasi tersebut, ada tuntutan dan harapan untuk mempertahankan dan meningkatkannya. Di masa yang akan datang, kita akan terus melakukan upaya peningkatan kinerja, pelayanan dan pengawasan serta upaya pemberantasan KKN,” kata Menkeu.


Oleh sebab itu, lanjutnya, pembaruan dan peningkatan kesadaran dan semangat antikorupsi pada diri pegawai Kemenkeu dan termasuk pegawai DJBC harus terus dimunculkan dengan menghindarkan diri dari hal-hal negatif termasuk korupsi.(fg)