Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Peringati Hari Pahlawan, Menkeu: Tidak Boleh Lelah Mencintai Indonesia

Jakarta, 10/11/2017 Kemenkeu – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyerukan segenap jajaran Kementerian Keuangan (Kemenkeu) untuk dapat meneladani sikap para pahlawan dengan tidak boleh menyerah dan tidak boleh lelah mencintai Indonesia untuk memberikan upaya yang terbaik. Ia menyampaikan hal tersebut dalam peringatan Hari Pahlawan ke-72 pada Jumat, (10/11) di Lapangan kantor pusat Kemenkeu Jakarta.

“Saya percaya kita sanggup melakukannya seperti yang dikatakan Bung Tomo, selama Indonesia masih mempunyai darah merah yang dapat membikin secarik kain putih menjadi merah dan putih. Maka selama itu tidak akan kita akan mau menyerah kepada siapapun juga, kita tidak boleh menyerah dan tidak boleh lelah untuk mencintai Indonesia dengan memberikan yang terbaik bagi bangsa Indonesia,” ucapnya berapi-api.

Menurutnya, dalam konteks hari ini, ancaman yang dapat melemahkan dan menghancurkan negara dapat berasal dari berbagai penjuru seperti ancaman terhadap ideologi Pancasila, kebhinnekaan dan persatuan Indonesia, ancaman akibat perubahan iklim yang menyebabkan bencana alam, ancaman akibat perubahan teknologi yang tidak diantisipasi, ancaman kejahatan, kriminal, terorisme, perdagangan illegal seperti perdagangan manusia, narkoba, dan aliran dana ilegal, juga ancaman korupsi.

Menurutnya, segala ancaman tersebut menuntut sikap kepahlawanan yang sama, yaitu keberanian untuk melawan dan berkorban. Ancaman-ancaman baru tersebut juga telah melahirkan pahlawan-pahlawan baru, yaitu mereka yang konsisten dan dengan penuh integritas dan semangat pengabdian yang setia menjaga Indonesia. Oleh karena itu, ia mengajak seluruh jajaran Kementerian Keuangan agar memperkokoh persatuan dan kesatuan untuk menjaga keuangan negara agar kredibel, professional dan berintegritas.

“Marilah kita jadikan peringatan Hari Pahlawan dengan terus memperkokoh persatuan, membangun negeri dengan mengobarkan semangat dan menyatukan langkah untuk terus menjaga keuangan negara secara kredibel, profesional, dan berintegritas demi Indonesia yang lebih maju, kuat, dan bermartabat tinggi di mata dunia. Selamat berjuang dan teruslah menjadi pahlawan bagi generasi saat ini dan yang akan datang,” serunya. (ip/nr)