Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Perlindungan Sosial Bagi Masyarakat Miskin Akan Redam Dampak Inflasi

Jakarta, 08/05/2013 MoF (Fiscal) News - Wakil Presiden Boediono menegaskan, perlindungan sosial perlu diberikan, utamanya bagi masyarakat miskin. Hal tersebut disampaikan Wapres saat memberikan sambutan dalam Rapat Koordinasi Nasional IV Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) pada Rabu (8/5), di Hotel Sahid, Jakarta. Perlindungan yang dimaksud diantaranya adalah pemberian kompensasi yang perlu diberikan kepada masyarakat miskin guna meredam dampak laju inflasi.

Menurut Boediono, berbagai macam dampak yang ditimbulkan inflasi akan dirasakan oleh berbagai macam kelompok masyarakat. "Ada kelompok sangat terpengaruh dan rentan. Dan yang rentan adalah kelompok miskin. Kita harus fokus untuk memantau kelompok miskin,” jelasnya.

Upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga inflasi antara lain dengan mengefektifkan peran dan fungsi TPID. Selain menjaga laju inflasi umum di daerah, TPID juga dapat menjalankan fungsinya untuk menjaga dan memantau harga komoditas pangan yang dapat mempengaruhi kondisi masyarakat miskin.

Oleh karenanya, Wapres menginstruksikan TPID untuk proaktif guna menjaga tingkat inflasi di tiap-tiap daerahnya. “Inflasi dapat mempengaruhi tingkat kesejahteraan masyarakat miskin. Oleh karena itu perlu proteksi sosial,” ungkapnya. Selain itu, menurutnya, inflasi juga menjadi pengukur kemampuan ekonomi masyarakat yang bermuara pada tingkat kesejahteraan. (ak)