Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Pertama Kali Terapkan Basis Akrual, BPK Apresiasi LKKL dengan Opini WTP

Jakarta, 14/07/2016 Kemenkeu - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) mengapresiasi kementerian/lembaga (K/L) yang laporan keuangannya berhasil memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), meskipun baru pertama kali menerapkan prinsip akuntansi berbasis akrual.

“Pada penerapan akuntansi berbasis akrual pertama kali ini hampir semua LK (memperoleh opini) WTP, hanya dua yang tidak. Ini perlu diapresiasi, hal ini merupakan prestasi yang cukup luar biasa,” jelas Anggota II BPK Agus Joko Pramono dalam acara Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Kementerian/Lembaga (LKKL) Tahun 2015 pada Bidang Perekonomian dan Perencanaan Pembangunan Nasional di Kantor Pusat BPK, Jakarta pada Kamis (14/07).

Ia mengakui, penerapan akuntansi berbasis akrual untuk pertama kalinya ini memberikan tantangan tersendiri, baik bagi auditor maupun auditee. “Penerapan akuntansi berbasis akrual pertama kali ini cukup menyebabkan syok tinggi bagi auditee maupun auditor,” jelasnya.

Sebagai informasi, acara penyerahan LHP LKKL pada Bidang Perekonomian dan Perencanaan Pembangunan Nasional ini dihadiri oleh pimpinan K/L terkait, antara lain Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian; Kementerian Keuangan; Kementerian Perdagangan; Kementerian Perindustrian; Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas; Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah; Badan Pusat Statistik, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU), Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa (LKPP); Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM); dan Badan Standardisasi Nasional (BSN).(tbg)