Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Pertemuan dengan CPSSC Buka Peluang Investor RRT ke Indonesia

Jakarta, 15/04/2016 Kemenkeu - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution bertemu dengan Lu Xinhua, Chairman of The Council for Promoting South-South Cooperation (CPSSC). Pertemuan ini diharapkan dapat menghasilkan kesepakatan dan komitmen untuk meningkatkan kerjasama antara kedua negara, yang sudah ada serta mencari peluang-peluang baru ke depan.


Dari informasi yang dilansir melalui laman Kemenko Perekonomian, Republik Rakyat Tiongkok (RRT) masuk peringkat tiga besar negara dengan jumlah transaksi perdagangan dengan Indonesia. Namun, di bidang investasi RRT belum masuk ke dalam deretan lima  investor terbesar yang menanamkan modalnya di Indonesia. “Walaupun terbesar atau masuk dalam tiga besar di dalam perdagangan Indonesia, tetapi di dalam investasi meskipun sudah meningkat tetapi RRT belum termasuk lima besar investasi di Indonesia,” kata Darmin di Kantor Kemenko Perekonomian, Kamis (14/04).


Darmin menyambut baik kunjungan CPSSC, terlebih tujuan pertemuan kali ini selain untuk mengetahui iklim investasi dalam negeri, juga untuk menjajaki proyek-proyek spesifik yang nantinya diminati oleh pengusaha RRT untuk menanamkan modalnya di Indonesia. Terlebih sejak Juni 2014, pemerintah RRT tengah mendorong para pengusahanya untuk lebih banyak berinvestasi di luar negeri, dengan tujuan untuk mengatasi perlambatan ekonomi yang saat ini terjadi di negara tersebut.


Darmin menyampaikan bahwa saat ini, pemerintah telah memberikan fasilitas kemudahan dan kesempatan untuk investasi asing. Salah satunya adalah pemerintah telah membangun kawasan-kawasan industri dimana investasi lebih mudah dilaksanakan, termasuk Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang di dalamnya diberikan fasilitas perpajakan mulai dari tax allowance hingga tax holiday. (as)