Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Pertemuan G20 Bahas QE Amerika

Jakarta, 23/07/2013 MoF (Fiscal) News – Menteri Keuangan M. Chatib Basri menyebutkan bahwa pertemuan G20 di Moscow yang baru saja berlangsung, membahas kebijakan Quantitative Easing (QE) yang dilakukan oleh Amerika. Padahal forum G20 terbentuk sebagai wadah komunikasi di antara negara anggotanya. Menurutnya, salah satu yang melontarkan kritik kepada kebijakan QE ini adalah Menteri Keuangan India.

“Menkeu india ketika melakukan intervensi bilang bagaimana bisa omongan seseorang , bukan negara, merencanakan sesuatu akibatnya seluruh pertumbuhan dan keuangan global terganggu,” kata Menkeu kepada para ekonom yang hadir di Workshop Jaringan Ahli Ekonomi, di Jakarta, Selasa (23/7).

Akibat pernyataan yang dilontarkan Kepala Federal Reserve (The Fed) Ben Bernanke, banyak mata uang terdepresiasi, termasuk rupiah. Bahkan, Rupee India terkena dampak depresiasi hingga 10 persen. Menurut Menkeu, tidak adanya komunikasi dalam forum ini yang menjadi penyesalan Menkeu India.

Ke depannya, kebijakan QE Amerika akan terus memberikan tekanan, di mana pengetatan QE ini akan dilakukan hingga 2014. “Pressure di pasar uang masih akan terjadi termasuk pasar uang. Ini penting untuk disosialisasikan,” kata Menkeu. Oleh karena itu, para regional economist diharapkan dapat membantu proses sosialisasi ini di daerahnya masing-masing. (fin)