Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Pertumbuhan 2017 Tidak Dapat Andalkan Perdagangan Luar Negeri

Jakarta, 08/09/2016 Kemenkeu - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan pertumbuhan ekonomi pada 2017 tidak dapat mengandalkan pada sektor perdagangan luar negeri. Salah satunya karena perdagangan global sendiri tetap melemah. Perdagangan yang lesu dipicu oleh melemahnya kondisi ekonomi dunia selama beberapa tahun terakhir.


"Kita tidak boleh andalkan faktor luar negeri sebagai faktor penarik pertumbuhan ekonomi. Ini bukan versi saya sendiri, saya melaporkan suasana di G20 yang merupakan ekonomi terbesar, pasar terbesar dan mesin pertumbuhan terbesar di dalam perekonomian di dunia,” katanya saat rapat dengan Komisi XI DPR RI, pada Rabu malam (07/09).


Akhir pekan lalu, Menkeu mendampingi Presiden Joko Widodo dalam pertemuan G20 di Tiongkok untuk membahas isu ekonomi global. Dari hasil pertemuan itu, Menkeu mengungkapkan hampir semua pimpinan negara mengatakan kecewa bahwa mereka tidak berhasil mengangkat pertumbuhan ekonomi dunia, dimana selama 7 tahun berturut-turut, perekonomian dunia tumbuh di bawah 3,5 persen. “Mereka kecewa karena tidak mampu mencapai level pertumbuhan sebelum krisis,” katanya. (anh)