Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Pertumbuhan 6,2 Persen Tidak Akan Tingkatkan Pengangguran

Jakarta, 05/06/2013 MoF (Fiscal) News – Menteri Keuangan (Menkeu) M. Chatib Basri mengatakan, angka pertumbuhan ekonomi sebesar 6,2 persen tidak akan meningkatkan angka pengangguran. Hal tersebut telah terbukti pada tahun lalu, di mana pertumbuhan ekonomi mencapai 6,2 persen tetapi angka pengangguran justru menurun. “Jadi kita tidak perlu lakukan perhitungan lagi, karena sudah ada faktualnya. Jadi, kekhawatiran bahwa akan meningkatkan pengangguran saya kira empirisnya tidak menunjukkan begitu,” kata Menkeu, Selasa (4/6).

Sementara, terkait dengan investasi, Menkeu menjelaskan bahwa salah satu komponen penting dalam pertumbuhan ekonomi yang akan didorong oleh pemerintah adalah sektor investasi. Dengan leading indicator pada impor barang modal yang mengalami penurunan 15 persen, maka diperkirakan pertumbuhan investasi pada triwulan II-2013 tidak sekuat triwulan I-2013. “Kalau di triwulan I saja sudah 6,2 persen, maka ada kemungkinan di triwulan II paling tidak sama atau bahkan melambat. Kalau sampai tengah tahun pertumbuhannya (investasi) di 6 persen, akan sulit bagi pemerintah untuk mengejar (pertumbuhan ekonomi) sampai 6,5 persen, karena tida ada basis faktualnya. Itu alasan kenapa (pertumbuhan ekonomi) ditempatkan 6,2 persen,” Jelas Menkeu.

Meski begitu, lanjut Menkeu, target pertumbuhan ekonomi yang diasumsikan 6,2 persen dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2013 masih relatif lebih baik jika dibandingkan dengan pertumbuhan ekonomi negara lain. “Kalau secara relatif, (pertumbuhan ekonomi) 6,2 persen itu masih jauh lebih baik. Di ASEAN kita hanya kalah dengan Filipina yang 6,6 persen,” pungkas Menkeu.(nic)