Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Pertumbuhan 6,5% Dapat Tercapai Pada Kuartal IV



Jakarta, 17/11/2011 MoF (Fiscal) News - Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2011 akan segera berakhir. Target pertumbuhan ekonomi sebesar 6,5 persen menunjukkan titik terang. Chief Econom Bank Mandiri Destri Damayanti yang ditemui pada seminar Indonesia Economic Obsevation di Hotel Sari Pan Pacific, Jakarta, Kamis (17/11) mengatakan, target pertumbuhan ekonomi pada kuartal IV tahun 2011 dapat tercapai.  

"Saya rasa sih 6,5 persen masih bisa ya, cuma mungkin yang perlu diperhatikan, tahun lalu itu kan di kuartal IV tinggi sekali pertumbuhannya, 6,9 ya. Jadi base-nya sudah tinggi, jadi over all kita masih expect 6,5 (persen)," jelasnya. Menurut Destri, pertumbuhan ekonomi pada kuartal IV masih didorong oleh faktor konsumsi. "Masih, konsumsi masih tetap merupakan key driver. Jadi, sekitar 55 persen," ungkapnya. Selain itu, sisi investasi juga menunjukkan peningkatan dibanding beberapa tahun lalu. "Investasi sudah mulai naik. Investasi kan juga yang sebelumnya kalau kita bicara tiga atau lima tahun yang lalu itu sekitar 27 sampai 28 persen, sekarang kalau kita lihat investasi sudah sekitar 31 persen," pungkasnya.

Seperti diketahui, menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), pertumbuhan ekonomi pada kuartal III-2011 mencapai 6,5 persen year on year (yoy). Angka tersebut sama dengan pertumbuhan ekonomi pada kuartal I dan II. Artinya, pada kuartal IV, pemerintah harus mencapai pertumbuhan ekonomi sebesar 6,5 persen untuk dapat memenuhi target pada asumsi makro APBN 2011.(sgd)