Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Pertumbuhan di Desa Bantu Dorong Ekonomi Nasional

Jakarta, 25/01/2017 Kemenkeu - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendesa dan PDTT) mencatatkan rata-rata pertumbuhan ekonomi pedesaan yang mencapai 12 persen. Menurut Menteri Desa dan PDTT Eko Putro Sandjojo, pertumbuhan di desa menjadi salah satu faktor pendorong pertumbuhan nasional.

“Salah satu faktor meningkatnya pertumbuhan ekonomi secara nasional ini disebabkan oleh pertumbuhan ekonomi di pedesaan yang rata-rata pertumbuhan ekonominya mencapai 12 persen. Angka pertumbuhan ekonomi di pedesaan tidak terlepas dari adanya dana desa yang dialokasikan secara langsung ke desa-desa," jelasnya seperti dikutip melalui laman Kemendesa dan PDTT pada Rabu (25/01).

Salah satu komitmen Presiden Joko Widodo dalam Nawacita adalah membangun Indonesia dari pinggiran dengan menguatkan daerah dan desa. Implementasi yang dilakukan pemerintah adalah dengan meningkatkan dana desa yang tahun ini menjadi Rp60 triliun kepada 74.910 desa. Namun, Eko berharap desa tidak menjadi ketergantungan dengan dana desa sebagai sumber utama pembangunan.

“Kita berharap dana desa bukan hanya menjadi sumber utama pembangunan desa saja. Tapi juga bisa menjadi stimulus atau daya ungkit dalam pembangunan desa. Salah satunya dengan cara membentuk BUMDes agar desa tersebut mampu lebih mandiri karena menghasilkan pendapatan untuk pembangunan desa," katanya. (as/rsa)