Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Pertumbuhan Ekonomi 2015 Diprediksi Berada di Kisaran 4,8 Persen

Jakarta, 18/12/2015 Kemenkeu - Pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun ini diperkirakan berada di kisaran 4,8 persen (yoy), lebih rendah dibandingkan tahun lalu yang sebesar 5 persen. Perlambatan perekonomian domestik ini tidak lepas dari perkembangan kondisi ekonomi global terkini, yang juga masih menunjukkan perlambatan.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Tirta Segara mengungkapkan, perlambatan kondisi ekonomi domestik ini terutama dipengaruhi oleh menurunnya ekspor seiring lemahnya permintaan global dan penurunan harga komoditas. Namun demikian, pertumbuhan ekonomi domestik masih ditunjang oleh konsumsi yang masih cukup kuat, baik konsumsi rumah tangga maupun pemerintah.

Sementara itu, sisi investasi menunjukkan pertumbuhan yang belum tinggi. “Sejalan dengan ekspor yang masih lemah, pertumbuhan investasi relatif terbatas,” ungkapnya dalam keterangan resminya pada Kamis (17/12).

Lebih lanjut ia mengungkapkan, pertumbuhan investasi terutama terjadi pada investasi bangunan, yang ditunjang oleh realisasi proyek-proyek infrastruktur pemerintah, sedangkan investasi non-bangunan masih tumbuh terbatas.(nv)