Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Pertumbuhan Ekonomi Dunia Melemah, Penerimaan Pajak 2013 Terdampak

Jakarta, 28/05/2013 MoF (Fiscal) News - Melemahnya pertumbuhan ekonomi dunia akan memberikan dampak pada penerimaan perpajakan tahun 2013. Demikain disampaikan Menteri Keuangan M. Chatib Basri dalam rapat kerja dengan Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) yang beragendakan Pembahasan Asumsi Makro Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (RAPBN-P)Tahun Anggaran 2013 pada Senin (27/5).
"Pada saat ekonomi dunia  melemah akibat permintaan terhadap berbagai barang pada perekonomian global juga melemah, sehingga harga-harganya juga ikut turun. Nah Indonesia yang 65 persen dari ekspornya berupa barang komoditas dan energi tentu punya implikasi. Ini akan terlihat jelas implikasinya pada penerimaan pajak," ungkap Menkeu.
Dengan demikian, lanjutnya, target pertumbuhan ekonomi yang sebesar 6,8 persen akan sulit untuk direalisasikan. “Pertumbuhan ekonomi tahun ini diperkirakan hanya 6,2 persen, turun dari perkiraan semula 6,8 persen. Ini jelas akan memberikan implikasi pada target penerimaan pajak kita, karena penerimaan pajak datang dari sektor tambang, perkebunan dan lainya. Itu sebabnya perubahan dasar pada asumsi makro dan realisasi APBN-P memberikan implikasi yang signifikan terhadap perubahan postur," katanya.(ak)