Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Diyakini Mulai Meningkat Tahun Depan

Jakarta, 27/10/2015 Kemenkeu - Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Badan Kebijakan Fiskal Suahasil Nazara meyakini, pertumbuhan ekonomi Indonesia akan mulai kembali meningkat pada tahun depan.

Ia menambahkan, selama tiga tahun terakhir, pertumbuhan ekonomi Indonesia memang mengalami perlambatan. Namun, menurutnya, hal ini merupakan bagian dari suatu siklus pertumbuhan ekonomi.

“Kita optimis bahwa negeri ini ada di dalam trajectory. Kalau kita lihat dalam tiga tahun terakhir, mungkin pertumbuhannya memang turun, tapi kita yakin untuk tahun ini the bottom of the decline, lalu sesudah itu kita akan langsung pick up,” ungkapnya dalam wawancara dengan kemenkeu.go.id pada pekan lalu di Kantor Pusat Kementerian Keuangan, Jakarta.

 


Sementara itu, terkait nilai tukar, ia meyakini asumsi nilai tukar rupiah dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2016 yang telah disepakati bersama dengan Dewan Perwakilan Rakyat, yakni Rp13.900 per dolar AS merupakan nilai yang mendekati realnya.

“Jangan terpukau sama Rp14.500-Rp14.800 (per dolar AS), karena itu bukan nilai sesungguhnya, itu nilai yang menurut saya jauh di bawah nilai dari real kita. Ketika issue Amerika mereda, lalu kemudian pressure kepada rupiah menghilang, tiba-tiba (nilai tukar rupiah) kita balik saja ke Rp13.500-Rp13.600, menurut saya kita ada di situ,” urainya.(nv)