Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Pertumbuhan Pasar Obligasi Korporasi RI Tertinggi di Asia Timur

Jakarta, 05/06/2013 MoF (Fiscal) News - Indonesia adalah pasar obligasi korporasi dengan pertumbuhan tertinggi di kawasan Asia Timur, dengan pertumbuhan  mencapai 26,9 persen year-on-year (yoy), menjadi 20 miliar dolar Amerika Serikat (AS). Demikian tercantum dalam Asia Bond Monitor edisi terbaru yang diterbitkan Asian Development Bank (ADB) belum lama ini. 

ADB mencatat, pertumbuhan pasar obligasi korporasi Indonesia tersebut diikuti oleh Republik Rakyat Cina yang mengalami pertumbuhan 25,3 persen year-on-year,  yang memiliki pasar obligasi korporasi terbesar di kawasan Asia timur senilai 1,1 triliun dolar AS. Pada kuartal pertama, penerbitan obligasi korporasi baru, sekali lagi didominasi oleh sektor perbankan dan institusi finansial. 

Berdasarkan laporan ADB, pasar obligasi mata uang lokal Indonesia tumbuh sebesar 13,9 persen per tahun dan 5,9 persen per kuartal menjadi 119 miliar dolar AS pada akhir Maret. Sementara, pasar obligasi pemerintah tumbuh sebesar 11,6 persen menjadi 98 miliar dolar AS pada periode yang sama. 

Laporan tersebut juga menunjukkan bahwa kepemilikan asing pada obligasi pemerintah dalam mata uang lokal di kawasan Asia Timur terus tumbuh pada kuartal pertama, karena imbal hasil (yields) di kawasan tersebut masih lebih menarik dibandingkan  dengan di pasar Amerika Serikat dan Eropa, sedangkan persepsi kualitas kredit Asia adalah setara atau bahkan lebih tinggi bila dibandingkan dengan ekonomi negara-negara maju tersebut.(ak)