Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Pesan Menkeu Pada Pelantikan Eselon II: Jangan Terkotak-Kotak

Jakarta, 10/09/2019 Kemenkeu – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menekankan bahwa Kementerian Keuangan (Kemenkeu) sebagai institusi pengelola keuangan negara harus memiliki pemikiran dan antisipasi yang sifatnya strategis, tidak terkotak-kotak oleh masing-masing unit eselon satunya apalagi sudah pada level jabatan eselon II dan bahkan eselon I. Sikap dan pikiran yang terkotak-kotak itu akan menyebabkan Kemenkeu tidak mampu berfungsi secara maksimal.

Hal tersebut disampaikan Menkeu ketika melantik 25 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (Eselon II) di lingkungan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) di Aula Gedung Djuanda Kemenkeu pada Senin (09/09). 

“Ini adalah salah satu cara kita untuk memberikan signal kepada seluruh jajaran Kementerian Keuangan bahwa Anda disatukan oleh satu yaitu tujuan kita sebagai pengelola keuangan negara di mana anda berasal di mana anda ditempatkan di mana Anda ditugaskan itu adalah bagian dari tujuan organisasi besar,” tegas Menkeu.

Mutasi lintas unit merupakan langkah besar dan nyata dalam mendorong sinergi dalam pelaksanaan tugas, memperluas perspektif sehingga mampu berpikir holistik. Menkeu juga berharap para pejabat Eselon II Kemenkeu mampu membangun pemahaman masyarakat tentang pengelolaan keuangan negara sehingga masyarakat bisa memahami arti pentingnya Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dalam membangun perekonomian negara.

“Perubahan mutasi promosi seharusnya menyebabkan Kementerian Keuangan menjadi lebih baik. Anda semua yang berasal dari unit yang berbeda dan tiba-tiba sekarang berada di Direktorat Jenderal atau Badan yang berbeda. Sebetulnya Anda sekaligus menjadi salah satu pejabat yang akan menunjukkan apakah Anda mampu memberikan nilai tambah maksimal melalui perspektif dan pengetahuan serta pengalaman Anda sebelumnya,” harap Menkeu.

Kepada seluruh pejabat yang dilantik, Menkeu menyampaikan selamat menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab dan komitmen sesuai dengan janji dan sumpah dengan sepenuh hati.

Untuk informasi lebih jauh terkait nama-nama pejabat yang baru dilantik tersebut, klik siaran pers berikut ini:

Siaran Pers Pelantikan Pimpinan Tinggi Pratama Eselon II dan Direksi PIP
(ip/hpy/nr)