Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Petugas Bea Cukai Kembali Gagalkan Penyelundupan Bawang Merah

Jakarta, 01/04/2013 MoF (Fiscal) News - Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Pratama Kuala Langsa  berhasil melakukan penegahan 34 ton bawang merah yang berasal dari Port Klang, Malaysia yang diangkut oleh Kapal Motor (KM) Antasena GT 34 Nomor 2753PPb. Penggagalan bawang merah ilegal tersebut dilakukan di perairan Lubuk Damar, Seruway, Aceh Tamiang pada 26 Maret 2013.

Penggagalan penyelundupan tersebut berhasil dilakukan berkat informasi dari masyarakat yang menyebutkan bahwa terdapat kapal yang mengangkut bawang merah akan melakukan pembongkaran barang. Berdasarkan informasi tersebut, seluruh pegawai KPPBC Tipe Pratama Kuala Langsa dibantu dengan pegawai dari Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Aceh langsung menuju ke lokasi untuk memeriksa kebenaran informasi tersebut.

Setibanya di lokasi, petugas mendapati nakhoda tidak dapat menunjukkan surat-surat dan dokumen resmi (manifest) atas barang yang diangkut kapal tersebut. Karena tidak memiliki dokumen resmi, petugas akhirnya melakukan penegahan terhadap kapal dan barang yang diangkutnya. Selain itu, petugas juga mengamankan nakhoda dan enam anak buah kapal (ABK). Selanjutnya, kapal tersebut ditarik menuju ke Pelabuhan Kuala Langsa untuk segera diamankan.(wa)