Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

PIHPS, Bukti Sinergi untuk Jaga Ekonomi

Jakarta, 12/06/2017 Kemenkeu – Pemerintah dan Bank Indonesia (BI) meresmikan Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Nasional, di Bank Indonesia, Jakarta pada Senin (12/06). PIHPS ini juga menjadi bukti sinergi kebijakan antara pemerintah, BI dan lembaga terkait lain yang tujuannya adalah untuk masyarakat Indonesia. Dengan informasi yang terpadu, pemerintah dapat mengambil kebijakan untuk menjaga ekonomi di masyarakat.

“Tujuan PIHPS Nasional ini untuk meningkatkan akses informasi harga pangan yang terpadu bagi pemerintah untuk mengambil keputusan dalam menjaga ekspektasi masyarakat dan dapat memberikan referensi harga komoditas pangan bagi para pelaku ekonomi,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, seperti dikutip melalui laman Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

Sebagai informasi, PIHPS Nasional menyediakan informasi harga komoditas pangan strategis secara harian di 164 pasar tradisional di 82 kota di Indonesia. Pengembangan PIHPS Nasional ditujukan untuk memberikan akses informasi harga pangan terkini bagi masyarakat dan sekaligus mendukung perumusan kebijakan pengendalian inflasi.

Dalam acara ini hadir pula Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita dan Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo, serta dihadiri oleh unsur Kelompok Kerja Nasional Tim Pengendalian Inflasi Daerah (Pokjanas TPID).  “Semoga PIHPS Nasional ini bisa membuat sinergi kebijakan antara Pemerintah, Bank Indonesia dan lembaga lain yang semakin efektif dan semakin berguna bagi masyarakat dan bangsa,” pungkas Darmin.(nr/rsa)