Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

PIP Beri Pinjaman Modal Kerja Ke PT INKA


Jakarta, 19/12/2011 MoF (Fiscal) News - Pusat Investasi Pemerintah (PIP) menandatangani perjanjian investasi bersama PT Industri Kereta Api (INKA) Persero. Perjanijian investasi ini berbentuk pinjaman modal kerja untuk pengadaan 1.200 unit gerbong PPCW. Demikian disampaikan Manajer Komunikasi Perusahaan PIP Anne L. Handayani dalam Siaran Persnya pada Senin (19/12) di Madiun, Jawa Timur.

Gerbong PPWC ini merupakan jenis kereta pengangkut barang tanpa atap dan dinding (flat deck). Sebelumnya, PT INKA memenangkan proyek pengadaan unit gerbong ini dari PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero. "Guna memenuhi proyek tersebut, PT INKA membutuhkan pinjaman modal kerja untuk menutup financing gap dalam rangka penyelesaian proyek 1.200 unit gerbong PPWC tersebut," jelas Anne.

Peran serta PIP dalam pembiayaan ini merupakan salah satu kerja sama strategis guna meningkatkan posisi tawar PT INKA dalam menghadapi pesaing asing (China) ketika mengikuti tender PPWC. "Setelah melalui kajian dan analisa kelayakan, jumlah dana investasi yang disediakan PIP sebagai pinjaman modal kerja kepada PT INKA adalah Rp118,5 miliar," tukas Anne.

Menurutnya, PT INKA akan menggunakan dana tersebut untuk pembelian komponen yang diproduksi di dalam negeri maupun luar negeri (impor). Pinjaman investasi dalam bentuk pinjaman modal kerja ini berjangka waktu 20 bulan, terhitung sejak 19 Desember 2011 sampai dengan 30 Juli 2013 dengan tingkat bunga sebesar 9,75 persen.(sgd)