Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

PIP Biayai Pembangunan Dua Ruas Jalan di Lampung Selatan

Jakarta, 07/10/2013 MoF (Fiscal) News - Kepala Pusat Investasi Pemerintah (PIP) Soritaon Siregar dan Bupati Lampung Selatan Rycko Menoza menandatangani perjanjian pemberian pinjaman senilai Rp90.982.000.000,- dari PIP kepada Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan. Penandatanganan dilakukan pada Sabtu (5/10) di Kantor Kecamatan Natar, Lampung Selatan.

Pinjaman tersebut diberikan dengan jangka waktu pinjaman 5 tahun dan masa tenggang pembayaran pokok (grace period) selama 16 bulan dengan tingkat suku bunga 9,25 persen efektif per tahun. Dana pinjaman tersebut akan dialokasikan untuk pembangunan dua ruas jalan kabupaten, yakni ruas jalan Muara Putih-Karang Anyar-Sidodadi Asri sepanjang 37,6 kilo meter (km) dan ruas jalan Kertosari-Jatibaru-Batas Bandara Lampung sepanjang 33,3 km.

PIP menyetujui pemberian pinjaman setelah sebelumnya melakukan analisis kelayakan terhadap kemampuan keuangan Kabupaten Lampung Selatan dan proyek pembangunan dua ruas jalan tersebut. Selain itu, PIP juga telah melakukan analisis atas 5C, yakni character, capacity, collateral, capital, dan condition of economy dalam penilaian kelayakan kredit investasi. PIP berharap, Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan dapat menggunakan pinjaman tersebut secara transparan dan akuntabel.

Seperti diketahui, pembangunan infrastruktur jalan merupakan salah satu upaya untuk mendukung peningkatan potensi ekonomi dan aktivitas transportasi distribusi barang di Kabupaten Lampung Selatan. Untuk itu, PIP selalu mendukung pembangunan infrastruktur daerah yang dapat dinikmati langsung oleh rakyat melalui pembiayaan pembangunan rumah sakit, pasar, jalan atau listrik. Selain itu, PIP juga berusaha menjalankan peran sebagai katalis dalam percepatan pembangunan infrastruktur yang memberikan manfaat ekonomi, sosial dan/atau manfaat lainnya kepada masyarakat.(wa)