Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

PIP Dukung Pemerintah Atasi Tantangan Pembiayaan Infrastruktur

Jakarta, 23/04/2013 MoF (Fiscal) News – Kepala Pusat Investasi Pemerintah (PIP) Soritaon Siregar menegaskan pentingnya peran PIP dalam mendukung pemerintah untuk mengatasi tantangan yang kompleks atas kebutuhan pembiayaan infrastuktur yang besar. Demikian ia sampaikan saat memberikan paparan pada acara APEC Workshop on Infrastucture pada Selasa (23/4) di Makassar, Sulawesi Selatan.

 
Paparannya ini ia sampaikan pada sesi pembahasan topik penyiapan unit Public Private Partnership (PPP) sebagai unit pendukung proyek. “Proyek-proyek PPP akan sulit dilaksanakan tanpa dukungan pemerintah,” ungkapnya. Menurutnya, pemerintah memiliki tanggung jawab untuk memfasilitasi proyek-proyek infrastruktur yang bankable melalui unit PPP yang berkualitas. Sumber daya yang baik dan unit PPP yang efektif dinilai dapat memainkan peran kunci dalam membangun lingkungan bisnis yang kondusif dalam rangka peningkatan partisipasi sektor swasta dalam proyek infrastruktur. Selain itu, instansi pemerintah juga dapat berperan dalam menciptakan pengaturan kelembagaan yang dibutuhkan untuk mendukung unit PPP.
 
Pada sesi tersebut, peserta didorong untuk membahas bagaimana negara-negara APEC dapat menyiapkan sumber daya yang baik dan unit PPP yang kredibel serta bagaimana menyusun langkah-langkah konkret dalam melaksanakan proyek infrastruktur. PIP menyambut baik langkah awal dalam membangun kerangka kerja umum kesiapan proyek untuk meningkatkan investasi infrastruktur di kawasan APEC, dan berharap setiap negara anggota APEC dapat mengambil manfaat dari langkah awal ini.(lg)