Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

PIP Kucurkan Rp300 Miliar untuk Biayai Proyek PPP

 

Jakarta, 19/08/2010 MoF (Fiscal) News - Pusat Investasi Pemerintah (PIP) mengucurkan dana sebesar Rp300 miliar dari Rp5 triliun dana modalnya pada tahun 2010 ini untuk membiayai Public Private Partnership (PPP). Demikian  diungkapkan Kepala PIP Soritaon Siregar, Kamis (19/08) di Kantor Pusat Investasi Pemerintah, Kementerian Keuangan, Jakarta.

"Ada lima proyek yang diajukan melalui konsep PPP yaitu kereta Bandara Soetta-Manggarai, PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air) Umbulan Surabaya, PLTB (Pembangkit Listrik Tenaga Bayu) Jawa Tengah, kereta api batubara Kalimantan Tengah, dan pelabuhan Bali. Namun hanya tiga saja yang siap jalan tahun ini, dan PIP sudah masuk membiayai itu," ungkapnya. Proyek PPP yang tahun ini siap berjalan adalah Kereta Api Manggarai-Soetta, PLTB Jawa Tengah, dan Kereta Api Batu Bara di Kalimantan Tengah. "Namun dari kesemua project tersebut ada satu kendala yang masih dihadapi. Bukan karena pembiayaannya, melainkan persiapan lahannya," jelasnya.

PIP selaku lembaga pembiayaan milik pemerintah selalu berperan aktif dalam mensukseskan pelaksanaan program-program pemerintah, seperti penyedia lahan infrastruktur, pembiayaan dalam konstruksi infrastruktur, pembiayaan melalui joint venture, dan pembiayaan persiapan proyek seperti studi kelayakan.(DM)