Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

PIP Resmi Talangi Pengadaan Tanah Tol Kunciran - Serpong

Jakarta, 09/09/2011 MoF (Fiscal) News Pusat Investasi Pemerintah (PIP) dan PT Marga Trans Nusantara (PT MTN) melakukan penandatanganan perjanjian pinjaman untuk pengadaan tanah ruas tol Kunciran - Serpong. Acara ini berlangsung di kantor PIP Graha Mandiri, Jakarta pada Jumat (9/9).

Pinjaman ini merupakan tindak lanjut dari nota kesepahaman antara PIP dan BPJT. Sebelumnya, BPJT telah meminta PIP untuk memprioritaskan beberapa ruas jalan tol yg pelu segera dibiayai. Pinjaman sebesar Rp96 miliar ini, secara resmi dilakukan oleh kepala PIP Soritaon Siregar dengan Presiden Direktur PT MTN Slamet Sudrajat. “Kita berharap PT MTN dapat selesaikan persyaratan efektif. Setelah itu, pencairan dana bisa dilakukan,” kata Soritaon.

Persyaratan dalam perjanjian ini, berdasarkan ketentuan tingkat suku Bunga LPS + 1 % dengan pencairan pinjaman dilakukan sesuai rekomendasi BPJT, yang didasarkan pada permohonan tertulis yang diusulkan Tim Pengadaan Tanah (TNT). Pinjaman tersebut dapat dialihkan ke BPJT, jika dana bergulir pengadaan tanah jalan tol dari APBN-P tahun 2011 telah dicairkan.

Pada 25 Agustus 2011 silam, PIP telah mengucurkan pinjaman senilai Rp95 miliar kepada PT Citra Waspphutowa untuk ruas tol Depok - Antasari Tahap I. Kedepan, PIP rencananya akan memberikan pinjaman untuk ruas Kunciran - Cengkarang, dengan pemegang konsesi PT Marga Kunciran Cengkareng. (as)