Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

PIP Siap Kelola Dana Hibah dari Pemerintah Inggris

Menkeu Paparkan

 

PIP Siap Kelola Dana Hibah dari Pemerintah Inggris

 

Nusa Dua, 30/09/2010 MoF (Fiscal) News - Pusat Investasi Pemerintah (PIP) Kementerian Keuangan siap mengelola dana hibah dari Pemerintah Inggris untuk menjalankan proyek penurunan emisi gas rumah kaca.  Demikian diungkapkan Kepala PIP Soritaon Siregar, Kamis (30/09) melalui pesan singkat.

Hibah sebesar 1,5 juta Poundsterling yang diberikan Pemerintah Inggris ini merupakan salah satu upaya untuk membantu Indonesia dalam mengurangi gas karbon di udara yang mengakibatkan pemanasan global. Upaya tersebut dijabarkan dalam beberapa program, salah satunya kegiatan penyuluhan atau seminar-seminar cara pengurangan emisi karbon.

"Grant agreement-nya sudah ditandatangani antara Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Inggris, lalu nomor registrasinya juga sudah ada. Sekarang kita sedang diskusi detail untuk mengimplementasikannya," ungkap Soritaon. 

Ia menjelaskan, dalam penjabaran dana hibah tersebut disebutkan bahwa pengelolaan dana berada di PIP dan Badan Kebijakan Fiskal (BKF). Dari 1,5 juta Poundsterling, PIP mendapatkan 1,2 juta Poundsterling untuk pembiayaan proyek-proyek, sementara 300 ribu sisanya untuk BKF dalam pembuatan kebijakan. "Penggunaan hibah garis besarnya sudah ada, tapi secara keseluruhan untuk  capacity building, seminar/workshop, konsultan dan lain-lain, lalu implementasinya digunakan hingga Maret 2011," pungkasnya
.
(DM)

 

 

 

 

    

 

1