Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

PLBN di Kalbar Bisa Jadi Titik Pertumbuhan Ekonomi

Jakarta, 20/03/2017 Kemenkeu - Presiden Joko Widodo berharap, Pos Lintas Batas Negara (PLBN) di Nanga Badau, Kabupaten Kapuas Hulu dan PLBN Aruk di Kabupaten Sambas yang baru saja diresmikan, dapat menjadi titik pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat.


“Memang kita ingin pos-pos ini bisa kita pakai untuk akses ekspor produk-produk lokal, produk-produk Indonesia ke negara tetangga. Saya kira akan mempercepat ekonomi di perbatasan,” kata Presiden kepada wartawan usai meresmikan PLBN Aruk, Jumat lalu (17/03).


Dikutip dari situs Sekretariat Kabinet pada Senin (20/03), Presiden meminta agar para Kepala Daerah, baik Gubernur maupun Bupati, harus menyiapkan produk-produk yang kompetitif serta mempunyai kualitas yang baik. Harapannya agar dapat menyasar pasar ekspor. Presiden memberi contoh PLBN Badau yang sudah digunakan untuk ekspor CPO sebanyak 70 ribu metrik ton. Tahun ini produksinya akan naik menjadi 120 ribu metrik ton. “Saya kira kesempatan yang harus diambil di situ, tidak ada yang lain,” pungkas Presiden. (nr/rsa)