Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Plt. Menkeu: Angggaran Kemendikbud Tidak Dipangkas dalam APBN-P 2013

Jakarta, 14/05/2013 MoF (Fiscal) News – Pemerintah akan memangkas anggaran belanja kementerian/lembaga dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara  Perubahan (APBN-P) 2013. Demikian disampaikan Pelaksana Tugas (Plt.) Menteri Keuangan (Menkeu) Hatta Rajasa.

Namun demikian, lanjutnya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) justru mendapatkan tambahan anggaran belanja untuk mempertahankan ketentuan alokasi 20 persen anggaran belanja pendidikan. “Kalau (anggaran) Kemendikbud tentu tidak (dipangkas). Kalau Kemendikbud malah nambah. Kemendikbud kan harus tetap mempertahankan 20 persen (anggaran pendidikan),” jelasnya. 

Ia menambahkan, pemotongan anggaran belanja pemerintah pusat dalam RAPBN-P 2013 dibutuhkan untuk menghindari defisit APBN melebihi batas yang ditetapkan pemerintah bersama Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), yakni sebesar 3 persen. Pemotongan anggaran belanja, lanjutnya, difokuskan pada anggaran belanja yang tidak mengikat dan dapat ditunda penyalurannya. “Pemotongan anggaran kementerian/lembaga perlu dilakukan, terutama yang tidak mengikat dan bisa ditunda,” pungkasnya.(iin)