Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Plt. Menteri Keuangan Berwenang Keluarkan Aturan dan Kebijakan Menteri

Jakarta, 23/04/2013 MoF (Fiscal) News - Pelaksana tugas (Plt.) Menteri Keuangan (Menkeu) berhak untuk memutuskan kebijakan terkait pengelolaan fiskal negara yang saat ini menjadi tanggung jawabnya. Demikian disampaikan Plt. Menkeu Hatta Rajasa pada Senin (22/4) di Jakarta.

 
Ia menegaskan, pihaknya dapat mengambil keputusan sebelum ada pengganti Menkeu secara definitif, sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 44/M Tahun 2013. Dengan kata lain, Plt. Menkeu dapat mengeluarkan Peraturan Menteri Keuangan apabila adanya kebijakan yang mendesak. “Ingin saya tegaskan, presiden tugaskan saya sebagai Plt. dengan kewenangan Menkeu, tapi ini sampai dengan Presiden mengangkat Menkeu definitif. Begitu bunyi Keppres tersebut. Walaupun Plt, tapi Keppres yang (mengamanatkan) bisa ambil keputusan sebagai Menkeu. Ini penting, supaya tidak ada lagi pertanyaan seakan-akan ada ketidakpastian,” tegas Hatta.
 
Ia menambahkan bahwa pengelolaan anggaran bukan sesuatu yang baru untuknya. Dengan demikian, ia yakin dapat melanjutkan dan melaksanakan tugas-tugas yang ada. “Ke depan, kita laksanakan tugas yang sudah ada dan melanjutkan yang sudah ada serta beberapa poin yang harus jadi perhatian kita untuk diakselerasi,” tegasnya.(nic)