Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Potensi Repatriasi Lebih Besar dari PDB Indonesia

Jakarta, 06/04/2016 Kemenkeu - Saat ini, Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia mencapai Rp11.400 triliun. Menurut Menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro, potensi repatriasi akan lebih besar dari angka PDB Indonesia tersebut. Repatriasi dapat menarik uang WNI yang selama ini disimpan di luar negeri. Oleh karena itu, pemerintah berharap Rancangan Undang-Undang Tax Amnesty dapat segera dibahas dan disahkan oleh DPR.


“Kalau ditanya, berapa target uang orang Indonesia yang bisa ditarik, saya nggak bicara target. Tapi saya bicara potensi. PDB kita sekarang Rp11.400 triliun, nah dari perhitungan kasar kami potensinya uang Indonesia di luar negeri itu lebih besar dari PDB kita,” jelas Menkeu dalam seminar RUU Tax Amnesty dan Manfaatnya Bagi Bangsa, di Jakarta pada Selasa (05/04).


Menurut Menkeu, angka tersebut dilatari oleh beberapa hal yaitu jumlah tersebut merupakan akumulasi dari uang yang sudah lama “menganggur” di luar negeri. “Ini uang uang lama, gak semua baru masuk 2-3 tahun lalu. Ada yang sudah masuk dari tahun 70-an. Ini yang kita pakai adalah data dari tahun 1995,” tambah Menkeu.


Selain itu, angka ini bertambah nilainya karena Rupiah sudah mengalami depresiasi. “Waktu dia simpan kan dalam hard currency, US Dollar. Sementara itu, rupiah pernah dari Rp2.000 sampai sekarang, dan pernah juga Rp16.000. Karena itu, secara Rupiah sudah jadi besar,” ungkap Menkeu. (as)