Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Prediksi 2045, Pendapatan Perkapita Indonesia Masuk Empat Besar Dunia

Jakarta, 29/03/2017 Kemenkeu- Tiga punggawa perekonomian Indonesia, yaitu Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko) Darmin Nasution, dan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) / Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro, memprediksi ekonomi Indonesia akan menempati empat besar dunia pada tahun 2045.


Dikutip dari situs Sekretariat Kabinet, menurut Presiden Jokowi berdasarkan prediksi para pakar itu, pada 2045 jumlah penduduk Indonesia kurang lebih 309 juta, pertumbuhan ekonomi 5%-6%, Produk Domestik Bruto (PDB) mencapai USD $9,1 (kurang lebih Rp120 ribu triliun, saat ini Rp13 ribu triliun), income per kapita mencapai USD $29 ribu (sekarang USD $3.500-an).


“Saya percaya hitung-hitungan itu karena yang menghitung sudah jago-jago ekonomi. Siapa yang meragukan Bu Sri Mulyani, siapa yang meragukan Pak Darmin Nasution, ini kelas internasional semuanya. Jadi yang menghitung bukan saya,” kata Presiden Jokowi saat memberikan sambutan pada pembukaan Rapat Kerja Nasional XVI Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) dan Peluncuran HIPMI Go to School, di Hotel Ritz Carlton, Mega Kuningan, Jakarta, Senin (27/03).


Presiden menjelaskan, ada tiga tahapan besar yang ingin dilakukan pemerintah dan bangsa Indonesia. Yang pertama, pembangunan infrastruktur. Pada tahapan yang kedua, bangun industri pengolahan yang berbasis kepada bahan-bahan mentah. Yang ketiga, industri jasa. (nr/rsa)