Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Presiden Ajak Pengusaha Korea Tingkatkan Investasi di Indonesia

Jakarta, 14/03/2017 Kemenkeu - Presiden Joko Widodo menjadi pembicara kunci dalam Indonesia Korea Business Summit 2017 di Ballroom Hotel Shangri-La, Jakarta, Selasa (14/03). Presiden mengajak para pengusaha Korea Selatan untuk dapat meningkatkan investasinya di Indonesia. Saat ini, Korea menduduki peringkat 3 untuk realisasi Penanaman Modal Asing (PMA) di Indonesia selama 2012-2016.


Saat ini, Perusahaan Korea, memiliki kontribusi yang besar dalam industri dasar di Indonesia seperti sektor baja, sektor petrochemical, serta pabrik sepatu dan garmen Korea. Ke depan, ia berharap kerja sama akan berlanjut ke dalam industri kreatif dan pariwisata.  “Untuk melanjutkan investasi-investasi tersebut, saya ingin mengajak anda menuju tahap selanjutnya ke dalam indutri kreatif dan industri pariwisata,” kata Presiden seperti dikutip  melalui laman Sekretariat Kabinet.


Sebagai negara  berkembang, Presiden meyakinkan bahwa pemerintah sedang melakukan perbaikan untuk menghubungkan antar daerah di Indonesia. “Infrastruktur kami akan segera terhubung, pada setiap bagian dari negara kami yang sangat luas,” ujarnya. Anggaran untuk pembangunan ini, menurutnya, merupakan upaya dari realokasi subsidi, utamanya energi.


“Hal ini memperbesar biaya infrastruktur,  termasuk kontruksi 35.000 Megawatt proyek listrik, 1.000 kilometer tol, 3.258 kilometer rute kereta api, 15 pelabuhan baru dan 10 pengembangan bandara, 20 pelabuhan, dan pengembangan pelabuhan. Ini membuka destinasi baru untuk pariwisata domestik dan internasional,” jelas Presiden.


Presiden juga berpromosi bahwa Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, memiliki banyak pulau-pulau tropis sebagai tujuan wisata. Selain itu, masyarakat Indonesia juga terkenal sebagai orang-orang yang bersahabat, ramah, dan hangat. "Orang-orang Indonesia sangat bersahabat dan masyarakatnya hangat. Sepertinya, kami ini benar-benar Taeyang-ui Huye, keturunan matahari,” pungkasnya. (as/rsa)