Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Presiden Ajak Swasta Ikut Bangun Infrastruktur

Jakarta, 22/06/2016 Kemenkeu - Presiden Joko Widodo masih membuka peluang bagi pihak swasta ikut serta dalam pembangunan infrastruktur terutama jalan tol di Indonesia. Ia berharap penggunaan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) adalah pilihan terakhir terkait pembangunan ini.


“Kita berikan kesempatan seluas-luasnya terlebih dahulu pada swasta. Kemudian kalau itu tidak diambil juga oleh BUMN oleh karena ROI-nya (Return of Investment) tidak masuk, ya sudah APBN. Artinya tahapannya pertama swasta, BUMN, kemudian APBN. APBN adalah jalan terakhir," jelas Presiden seperti dilansir melalui laman Sektretariat Negara pada Rabu (22/06).


Namun, ia menegaskan bahwa pihak swasta juga harus memberikan komitmen maksimal untuk mengelola proyek infrastruktur pemerintah. Jika proyek tersebut tidak dikerjakan sebaik-baiknya maka pemerintah akan mengambil alih proyek tersebut. "Ya kalau swasta sudah diberikan peluang, diberi konsesi, tapi kalau tidak dikerjakan ya diambil alih pasti," tambahnya. (as)