Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Presiden Apresiasi DJBC Atas Penggagalan Penyelundupan 3.519 Rol Tekstil

Jakarta, 19/10/2015 Kemenkeu - Presiden Joko Widodo mengapresiasi keberhasilan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) dalam menggagalkan upaya peredaran tekstil ilegal baru-baru ini. Total sejumlah 3.519 rol atau setara dengan 376.000 yard tekstil ilegal senilai sekitar Rp14 miliar berhasil digagalkan penyelundupannya.

Penggagalan modus impor tekstil ilegal oleh DJBC ini merupakan bukti tindak lanjut atas arahan Presiden kepada kementerian/lembaga yang terlibat langsung dalam upaya pemberantasan barang impor ilegal, serta merupakan upaya untuk mendorong investasi industri dalam negeri.

"Keluhan pengusaha tekstil langsung ditindaklanjuti Bea Cukai. Telah tertangkap impor tekstil ilegal senilai USD 1,028 juta atau setara Rp14 miliar. Negara juga dirugikan karena mereka tidak bayar bea masuk Rp2,3 miliar. Saya senang perintah saya dikerjakan hari ini," ungkap Presiden Joko Widodo dalam konferensi pers pada Jumat (16/10) di Kantor Pusat DJBC, Jakarta.

Penggagalan penyelundupan tekstil ilegal oleh PT KYH tersebut berhasil dilakukan pada 2 Oktober 2015 lalu, atas kerja sama Direktorat P2 kantor Pusat DJBC, Kantor Wilayah DJBC Jawa Barat, Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Tanjung Priok, serta pihak kepolisian. Modus yang digunakan adalah membongkar barang impor di luar kawasan berikat PT KYH, yakni di areal pergudangan Marunda, Jakarta Utara, untuk langsung diangkut ke tempat lain dan dijual ke pembeli akhir tanpa membayar Bea Masuk dan Pajak Dalam Rangka Impor.

Dengan demikian, tersangka diduga melanggar ketentuan Undang-Undang Kepabeanan, khususnya yang terkait dengan penyelundupan dan pemalsuan. Sebagai tindak lanjut, status kasus ini ditingkatkan pada tahap penyidikan untuk diproses hukum lebih lanjut.

Menurut Direktur Jenderal Bea dan Cukai Heru Pambudi, dengan penggagalan upaya penyelundupan ini, DJBC telah berhasil melaksanakan fungsi industrial assistance dan trade facilitation. Ia menambahkan bahwa DJBC akan terus berupaya mencegah masuknya komoditas tekstil ilegal tersebut ke peredaran bebas, yang akan mengganggu sektor industri tekstil dalam negeri. (nv)

sumber:http://beacukai.go.id/berita/cegah-impor-tekstil-ilegal-bea-cukai-tuai-pujian-dari-presiden.html