Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Presiden Bagikan Kartu PKH di Pekalongan

Jakarta, 09/01/2016 Kemenkeu - Presiden Joko Widodo membagikan Kartu Program Keluarga Harapan (PKH) di Pekalongan, Jawa Tengah pada Minggu (08/01). Pembagian kartu ini ditujukan untuk memberikan pemerataan ekonomi bagi masyarakat kurang mampu. Kartu ini nantinya dapat digunakan untuk pembelian bahan pangan bergizi maupun keperluan sekolah anak-anak.


Selain pembagian Kartu PKH, Presiden juga menyerahkan Kartu Indonesia Pintar (KIP) yang khusus diberikan untuk anak yatim piatu di Pekalongan. Ada 236 siswa dari jenjang pendidikan SD hingga SMA/SMK mendapatkan kartu tersebut. "Persiapkan anak kita dari sekarang, supaya pintar pandai, gizinya baik. Karena kalau tidak bangsa kita kalah bersaing dengan negara lain. Kita nggak mau itu. Kita harus jadi pemenang," pesan Presiden.


Menurut rencana, di tahun ini akan dibagikan kartu yang sama kepada 896 ribu anak yatim piatu di seluruh Indonesia. "Nanti semuanya akan diberi Kartu Indonesia Pintar sehingga semua anak-anak yatim bisa bersekolah," ujar Presiden.
Sebagai informasi, untuk tingkat pendidikan SD akan diberikan bantuan sebesar Rp450 ribu/tahun, SMP sebesar Rp750 ribu/tahun, dan SMA/SMK sebesar  Rp1 juta/tahun. Adapun yang berkaitan dengan disabilitas akan diberikan bantuan sebesar Rp300 ribu/bulan dan untuk warga lanjut usia (lansia) sebesar Rp200 ribu/bulan. (as/rsa)