Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN
Presiden Jokowi saat memberikan sambutan pada penyerahan DIPA dan Buku Daftar Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa Tahun 2018 di Ruang Garuda, Istana Bogor (06/12)

Presiden Berikan Anugerah Dana Rakca Kepada 9 Daerah Terbaik

Bogor, 07/12/2017 Kemenkeu - Presiden menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Tahun 2018 kepada Para Gubernur, serta secara simbolis menyerahkan DIPA Tahun 2018 untuk perwakilan 10 Kementerian/Lembaga (K/L) terpilih pada acara Penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Buku Daftar Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa Tahun 2018 serta Anugerah "Dana Rakca" di Istana Kepresidenan Bogor pada Rabu (06/12). 

“Pada hari ini kami mohon kesediaan Bapak Presiden untuk dapat menyerahkan dokumen pelaksanaan anggaran tahun 2018 secara simbolis kepada masing-masing Gubernur dan 10 kementerian dan lembaga yang mewakili berdasarkan beberapa kriteria yaitu mereka yang memiliki fokus 5 bidang pembangunan nasional dan alokasi anggaran sangat signifikan di dalam APBN tahun 2018,” ucap Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati saat menyampaikan pidato laporannya kepada Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

10 K/L terpilih ini adalah Kementerian Sosial, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Pertanian, Kementerian Pariwisata, Kementerian Keuangan, Kementerian Pertahanan, Kepolisian Negara Republik Indonesia, dan Komisi Pemilihan Umum yang memiliki kriteria melaksanakan fokus bidang pembangunan nasional, alokasi anggaran yang signifikan dalam APBN 2018, serta telah mendapatkan hasil audit keuangan yang akuntabel dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Pada kegiatan ini juga dilakukan pemberian Anugerah Dana Rakca, kepada 9 daerah dari 18 daerah terbaik penerima Dana Insentif Daerah (DID) pada APBN 2018. Pemerintah daerah tersebut adalah Provinsi Jawa Timur, Provinsi Sumatera Barat, Provinsi Sumatera Selatan, Kabupaten Badung, Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Karanganyar, Kota Depok, Kota Semarang dan Kota Surabaya.

DID diberikan sebagai penghargaan kepada 313 daerah yang mempunyai kinerja baik dalam kesehatan fiskal dan pengelolaan keuangan daerah; pelayanan dasar publik di bidang pendidikan, kesehatan dan infrastruktur pelayanan pemerintahan umum; serta meningkatkan upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Kami mohon perkenan Bapak Presiden untuk menyerahkan secara simbolis Anugerah Dana Rakca tersebut kepada daerah yang berkinerja baik tahun 2017 yaitu perwakilan kepada tiga provinsi walaupun tadi atau 313 daerah namun yang hari ini akan mendapatkan langsung dari Presiden diwakili oleh 3 Provinsi 3 kabupaten dan 3 Kota dari 18 penerima penganugerahan untuk Anugerah Dana Rakca yang akan mendapatkan langsung dari Bapak Presiden,” ucap Menkeu. (ip/rsa)