Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Presiden: Deregulasi Kebijakan Permudah Sektor Privat

Jakarta, 28/10/2015 Kemenkeu - Presiden Joko Widodo menyatakan, pemerintah akan berkomitmen penuh untuk melakukan reformasi ekonomi, yang antara lain diwujudkan melalui rasionalisasi dan deregulasi kebijakan.

Rasionalisasi dan deregulasi kebijakan tersebut tertuang dalam lima paket kebijakan ekonomi yang telah diluncurkan pemerintah dalam kurun waktu dua bulan terakhir. Tidak berhenti di situ, pemerintah pun saat ini tengah mempersiapkan paket kebijakan ekonomi tahap enam.

“Program deregulasi kita adalah arah kebijakan yang berkelanjutan. Sebagaimana pembangunan infrastruktur, itu akan memperoleh momentum dan mencapai kecepatan penuh dalam bulan-bulan ke depan,” katanya saat menyampaikan policy speech di Brookings Institution, sebuah kelompok pemikir di Washington DC, Amerika Serikat (AS), Selasa (27/10) pagi waktu setempat sebagaimana dilansir situs resmi Sekretariat Kabinet.

Reformasi yang dilakukan pemerintah ini, lanjutnya, bertujuan untuk memberi kemudahan pada para pelaku bisnis, baik domestik maupun manca negara, terutama dalam kaitannya dengan rencana pembangunan infrastruktur besar-besaran oleh pemerintah. “Itu untuk membebaskan sektor privat, baik domestik maupun luar (dari) kebijakan yang tidak berpihak, perizinan yang berbelit-belit dan misguided protectionism yang membuat banyak perusahaan dan industri menderita sekian lama,” ujarnya.(nv)