Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Presiden Dorong Keterlibatan Masyarakat dalam Pemerintahan

Jakarta, 10/02/2016 Kemenkeu - Dalam memasuki era persaingan dan kompetisi antarnegara dewasa ini, Presiden Joko Widodo menekankan pentingnya keterlibatan masyarakat dalam berbagai program pemerintah.

Presiden mencontohkan, dalam proyek kereta cepat, misalnya, nantinya masyarakat dapat diberi kesempatan untuk menamainya. “Apa nama kereta cepat? Mungkin halilintar. Beri kesempatan kepada masyarakat untuk terlibat,” kata Presiden sebagaimana dilansir Tim Komunikasi Presiden dan Bakohumas dalam siaran persnya.

Selain itu, presiden juga menekankan pentingnya masyarakat memperoleh update informasi mengenai kebijakan-kebijakan pemerintah terkini. “Informasikan apa yang telah dikerjakan, gunakan cara-cara baru dalam menyampaikan informasi, tinggalkan pola-pola lama,” katanya.

Oleh karena itu, presiden pun meminta agar tenaga humas pada masing-masing kementerian/lembaga (K/L) dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dapat bergerak lebih cepat dan lebih memiliki kepekaan dalam memberikan informasi kepada masyarakat. “Kesampingkan ego sektoral. Kedepankan kebersamaan dan sinergi. Jangan hanya fokus pada masalah-masalah yang ada di kementeriannya saja,” jelasnya.

Upaya bersama tersebut, menurut presiden, diperlukan untuk menumbuhkan kepercayaan masyarakat kepada pemerintah. "Apa goal terakhir yang ingin dicapai? Ingin ada trust (kepercayaan) dari rakyat, dari dunia," urainya.(nv)