Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Presiden: Ekonomi yang Betul adalah Ekonomi Gotong Royong

Jakarta, 22/07/2016 Kemenkeu - Presiden Joko Widodo berharap para pelaku usaha dapat bekerja sama dalam menyongsong persaingan global. Menurutnya, ekonomi gotong royong adalah cerminan ekonomi nasional. "Ekonomi yang benar adalah ekonomi Pancasila. Ekonomi yang betul adalah ekonomi gotong royong,” katanya saat Peringatan Hari Koperasi Nasional ke-69 Tahun 2016, seperti dilansir melalui laman Sekretariat Negara pada Jumat (22/07).


Sebagai pelaku usaha, menurut Presiden, koperasi dapat ikut dalam persaingan ekonomi. Namun, ia mendorong agar koperasi di Indonesia dapat mulai melakukan perbaikan, salah satu contohnya dengan pembentukan kelompok-kelompok usaha koperasi yang saling bergabung. Ini akan membuat sebuah usaha memiliki skala ekonomi yang tinggi.


Dengan bergabungnya para pelaku usaha koperasi ke dalam satu kesatuan, maka akan diperoleh kemudahan pembiayaan dari pihak perbankan. Selain itu, rencana bisnis juga akan lebih mudah untuk dibuat. "Dapatnya kalo pinjam tidak hanya 20 juta, karena bareng-bareng pinjamnya bisa seperti korporasi, 2 triliun sampai 3 triliun. Ini yang bisa efisien dan bisa bersaing," katanya. (as)