Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Presiden IDB Dukung Inovasi dan Diversifikasi Ekonomi

Jakarta, 24/05/2016 Kemenkeu - Presiden Islamic Development Bank (IDB) Ahmad Mohamed Ali Al Madani menegaskan pentingnya peran inovasi dan diversifikasi ekonomi. Menurut Presiden IDB, inovasi merupakan faktor yang berperan penting untuk mengatasi tantangan dan persoalan yang ada demi mencapai pertumbuhan yang berkesinambungan. Hal tersebut ia sampaikan di penutupan Sidang Tahunan IDB bertempat di Jakarta pada Kamis (19/05).

Lebih lanjut, ia juga menyatakan pentingnya inovasi untuk mengurangi kemiskinan. “Saya berharap, negara anggota dapat menempatkan strategi inovasi dan program untuk mengerahkan pengetahuan dalam mengurangi jumlah penduduk miskin,” katanya. Selain itu, untuk mewujudkan perekonomian negara anggota yang lebih berdaya tahan, Presiden IDB menegaskan perlunya diversifikasi ekonomi.

“IDB mendukung upaya untuk diversifikasi ekonomi masing-masing negara anggota agar lebih berdaya tahan,” tambahnya. Salah satu cara diversifikasi ekonomi adalah dengan melibatkan pihak swasta. Terkait hal tersebut, IDB akan mencari cara dan sumber daya untuk meningkatkan peran sektor swasta untuk diversifikasi.

Sebagai informasi, IDB telah menunjukkan dukungan pemerintah Indonesia untuk diversifikasi ekonomi. Salah satu proyek IDB terkait diversifikasi ekonomi Indonesia adalah proyek pengembangan tempat wisata terintegrasi yang ramah muslim dan halal di Lombok. (ya)