Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Presiden Ingatkan Menteri Agar Waspadai Inflasi Jelang Lebaran

Jakarta, 08/06/2016 Kemenkeu - Presiden Joko Widodo mengingatkan para Menteri terkait untuk mewaspadai inflasi jelang lebaran. Sebagai kondisi yang selalu berulang, Presiden berharap inflasi tetap dapat ditahan di bawah 4 persen di tahun ini. “Memang demand-nya juga naik, tapi kalau supply-nya dikendalikan, digerojok supply yang lebih, saya kira tidak akan seperti ini,” tegas Presiden saat Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara, pada Selasa (07/06).


Menurut Presiden, memang harga-harga bahan pokok menjadi tanggung jawab Kementerian Perdagangan, namun kementerian lain seperti Kementerian Pertanian, juga turut memiliki andil. Meski kenaikan harga adalah kebiasaan jelang lebaran, ia meminta agar menjelang Idul Fitri kali ini tidak terjadi kenaikan harga-harga yang dapat memicu inflasi berlebih.


Dari informasi yang dilansir melalui laman Sekretariat Negara, Presiden melihat bahwa di negara lain saat diskon besar-besaran akhir tahun tidak memicu inflasi tinggi. “Kita ini mau Idul Fitri nggak  banyak diskon. Saya membayangkan ada ide itu. Tempat lain bisa, kenapa kita tidak bisa,” kata Presiden.


Oleh sebab itu, Presiden meminta agar dilakukan perubahan sehingga tidak terjadi kenaikan harga-harga. “Saya yakin itu mampu kita lakukan. Terkonsep, terencana, dan pelaksanaan implementasi di lapangan diikuti, karena nanti dampak dari kenaikan harga, yang terkena adalah rakyat kecil, termasuk petani, buruh tani, karena 82 persen petani kita adalah juga konsumen beras,” ungkap Presiden. (as)