Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Presiden Instruksikan Jajarannya untuk Pantau Perkembangan Situasi Global

Jakarta, 02/10/2013 MoF (Fiscal) News - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menginstruksikan jajaran kabinet Indonesia Bersatu II untuk fokus menjaga perekonomian dan menjalankan roda pembangunan. Hal tersebut disampaikan Presiden saat memimpin rapat paripurna kabinet di Kantor Presiden, Selasa Sore (1/10). Instruksi itu disampaikan kepala negara menyusul faktor eksternal berupa perkembangan situasi global yang yang kian dinamis, serta faktor internal yaitu menyongsong tahun pemilu 2014.

"Saya menginstruksikan kepada saudara, tidak perlu harus terlalu menanggapi isu-isu politik itu, fokus saja kita mengatasi masalah ini, fokus saja kita membangun perekonomian," kata Presiden. Ia mengingatkan jajarannya untuk terus mengikuti perkembangan domestik dan global yang akan mempengaruhi perekonomian Indonesia.

Presiden juga menaruh perhatian pada penghentian anggaran (government shutdown) di AS yang dapat berpotensi memberi implikasi baru bagi perekonomian global. "Begitulah, karena (Amerisa Serikat) ekonomi terbesar dunia, dolar itu di mana berada tidak bebas dari kebijakan moneter Amerika. Kita harus mengikuti dinamika perkembangan di negara itu dan negara lain," kata Presiden. (ak)