Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Presiden Joko Widodo Sampaikan Dukungan RI untuk Kerjasama Perpajakan Internasional

Jakarta, 18/11/2015 Kemenkeu - Menurut Menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro, Presiden Joko Widodo menyampaikan dukungan Indonesia kepada G20 untuk implementasi kerja sama perpajakan internasional, dalam bentuk based erosion dan profit shifting. Hal ini dilakukan saat pertemuan pemimpin negara G20 di Antalya, Turki akhir pekan lalu.


“G20 menegaskan kembali komitmennya dalam untuk melanjutkan reformasi regulasi keuangan global, terutama untuk mengatasi praktek ilegal perpajakan internasional melalui implementasi rencana aksi based erosion and profit shifting,” kata Menkeu saat melakukan teleconference pada Selasa (16/11). Dengan kerja sama itu, diharapkan di masa depan tidak ada lagi ‎praktek transfer pricing yang sangat merugikan terutama bagi negara-negara besar dan negara-negara emerging, dalam bentuk berkurangnya penerimaan pajak yang seharusnya diterima oleh negara-negara tersebut.


Selain itu, implementasi pertukaran data perpajakan atau sektor keuangan secara otomatis (Automatic Exchange of Information) mulai 2017, diharapkan dapat menjadi awal perbaikan adanya kemungkinan pelarian pajak atau penyembunyian harta-harta yang harusnya dapat menjadi objek pajak itu sendiri. “Ini juga sebagai implementasi rencana aksi anti korupsi sesuai prinsip integritas dan transparansi,” pungkas Menkeu. (as)