Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN
Presiden saat memberikan sambutan pada Raker Kepala Perwakilan RI dengan Kementerian Luar Negeri, di Gedung Pancasila, Kemenlu, Jakarta (12/2)

Presiden Jokowi: Indonesia Sudah Jadi Anggota G-20, Jangan Lagi Cari-Cari Bantuan

Jakarta, 12/02/2018 Kemenkeu - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan, bahwa Indonesia sudah masuk di negara Group 20 (G-20). Artinya, Indonesia sudah masuk golongan negara besar, jangan lagi merasa inferior, apalagi merasa menjadi negara kecil.

“Saya sudah sampaikan kepada kepada seluruh menteri agar kita ini tidak lagi mencari-cari bantuan-bantuan. Kita ini sudah seharusnya membantu, membantu, membantu,” kata Presiden pada pembukaan Rapat Kerja Kepala Perwakilan RI dengan Kementerian Luar Negeri, di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), Jakarta, Senin (12/02).

Dikutip dari situs Sekretariat Kabinet (Setkab), menurutnya situasi harus dibalik karena sekarang Indonesia dapat membantu negara-negara yang memang butuh bantuan untuk dianggarkan.

“Kembali Indonesia juga diundang untuk membantu. Kita juga terus membantu perjuangan saudara-saudara kita di Palestina melawan penindasan dan ketidakadilan,” ungkapnya.

Ia mengatakan bahwa upaya diplomasi perdamaian dan kemanusiaan adalah tugas konstitusional yang harus ditunaikan. Sebelumnya, Presiden Jokowi menyampaikan hasil kunjungannya ke beberapa negara di Asia Tengah dan Selatan, beberapa waktu lalu, di antaranya mengunjungi kamp para pengungsi di Cox’ Bazar, Bangladesh, dan juga Afghanistan, yang sedang membangun kembali perdamaiannya dari reruntuhan persatuannya. (nr/rsa)